Latest Updates

Tujuan, Fungsi Pelayanan Prima dan Pengertian Pelanggan



Selamat Sore Sahabat Belajar Bisnis Online (Mitra Anda Menuju Sukses). Postingan Artikel saya kali ini adalah tentang Tujuan, Fungsi Pelayanan Prima dan Pengertian Pelanggan, setelah sebelumnya kita membahas tentang :




yang tentu saja menjadi acuan dalam penulisan Artikel lanjutan ini bagi saya pribadi dan tentunya bagi Sahabat Belajar Bisnis Online semuanya. Arikel ini saya khususkan kepada para Pelajar SMK yang mengambil Jurusan Manajemen Bisnis atau Public Realations yang secara langsung berhadapan dengan pelayanan dalam bidang pekerjaannya. bukan hanya itu saja, Artikel yang saya buat itu berurutan, jadi, bagi Sahabat yang ingin mempelajari atau meng Copy Artikel ini ada baiknya membaca dari awal Artikelnya pada postingan sebelumnya yang sudah saya buat. Well, Sahabat Belajar Bisnis Online Lets Go To Check In

- See more at: http://muhammadazrilsiregar.blogspot.com/2013/03/pendekatan-manajemen-kualitas-strategis.html#sthash.5qA9ADmI.dpuf
- See more at: http://muhammadazrilsiregar.blogspot.com/2013/03/pendekatan-manajemen-kualitas-strategis.html#sthash.5qA9ADmI.dpuf
- See more at: http://muhammadazrilsiregar.blogspot.com/2013/03/pendekatan-manajemen-kualitas-strategis.html#sthash.5qA9ADmI.dpuf
- See more at: http://muhammadazrilsiregar.blogspot.com/2013/03/pendekatan-manajemen-kualitas-strategis.html#sthash.5qA9ADmI.dpufTujuan Pelayanan Prima

A. Tujuan Pelayanan Prima
Tujuan pelayanan prima antara lain sebagai berikut:
  • Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
  • Untuk menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli barang/jasa yang ditawarkan pada saat itu juga.
  • Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap pelanggan terhadap barang/jasa yang ditawarkan.
  • Untuk menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudian hari terhadap produsen.
  • Untuk menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan.
  • Untuk menjaga agar pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya.
  • Untuk mempertahankan pelanggan.
Dari tujuan pelayanan prima tersebut diatas Sebab tujuan utama dari pelayanan prima adalah untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

B. Fungsi Pelayanan Prima
Pelayanan prima berfungsi sebagai berikut.
  • Melayani pelanggan dengan ramah, tepat, dan cepat.
  • Menciptakan suasana agar pelanggan merasa dipentingkan.
  • Menempatkan pelanggan sebagai mitra usaha.
  • Menciptakan pangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa.
  • Memenangkan persaingan pasar.
  • Memuaskan pelanggan, agar mau berbisnis lagi dengan perusahaan.
  • Memberikan keuntungan pada perusahaan.
C. Pengertian Pelanggan
Dalam pengertian sehari-hari pelanggan adalah orang-orang yang kegiatannya membeli dan menggunakan suatu produk, baik barang maupun jasa, secara terus menerus. Pelanggan atau pemakai suatu produk adalah orang-orang yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan-perusahaan bisnis. Adapun pihak-pihak yang berhubungan dan bernegosiasi dengan perusahaan-perusahaan bisnis sebelum tahap menghasilkan produk dinamakan pemasok.
Dilihat dari segi perbaikan kualitas, definisi pelanggan adalah setiap orang yang menuntut pemberian jasa (perusahaan) untuk memenuhi suatu standar kualitas pelayanan tertentu, sehingga dapat memberi pengaruh pada performansi (performance) pemberi jasa (perusahaan) tersebut.
Dengan kata lain, pelanggan adalah orang-orang atau pembeli yang tidak tergantung pada suatu produk, tetapi produk yang tergantung pada orang tersebut. Oleh karena pelanggan ini pembeli atau pengguna suatu produk maka harus diberi kepuasan.
Secara garis besarnya terdapat tiga jenis pelanggan, yaitu pelanggan internal, pelanggan perantara, dan pelanggan eksternal. Ketiga jenis pelanggan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
a.Pelanggan internal,Pelanggan internal (internal costumer), adalah orang-orang atau pengguna produk yang berada di dalam perusahaan dan memiliki pengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan. Berdasarkan keanggotaannya, pelanggan internal ada dua macam, yaitu pelanggan internal organisasi dan pelanggan internal pemerintah.

  • Pelanggan internal organisasi Adalah setiap orang yang terkena dampak produk dan merupakan anggoata dari organisasi yang menghasilkan produk tersebut.
  • Pelanggan internal pemerintah Adalah setiap orang yang terkena dampak produk dan bukan anggota organisasi penghasil produk, tetapi masih dalam lingkungan atau instansi pemerintah.
b. Pelanggan perantara, Pelanggan perantara (intermediate costumer) adalah setiap orang yang berperan sebagai perantara produk, bukan sebagai pemakai. Komponen distributor, seperti agen-agen Koran yang memasarkan Koran, atau toko-toko buku merupakan contoh pelanggan perantara. Misalnya Penerbit Armico Bandung memerima pesanan buku dari toko buku untuk dijual kepada siswa SMK maka dalam hal ini Penerbit Armikco bertindak sebagai pemasok, toko buku sebagai pelanggan perantara, dan siswa SMK sebagai pelanggan akhir atau pelanggan nyata (real costumer).
c. Pelanggan eksternal, Pelanggan eksternal (external costumer), adalah setiap orang atau kelompok orang pengguna suatu produk (barang/jasa) yang dihasilkan oleh perusahaan bisnis. Pelanggan eksternal inilah yang berperan sebagai pelanggan nyata atau pelanggan akhir.

2 Responses to "Tujuan, Fungsi Pelayanan Prima dan Pengertian Pelanggan"